Ke Kolombia dan Amerika, Anies Jadi Pembicara hingga Hadiri Pertemuan Bilateral
Kompas.com

14 weeks ago

Ke Kolombia dan Amerika, Anies Jadi Pembicara hingga Hadiri Pertemuan Bilateral

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat ini berada di Medellin, Kolombia. Anies melakukan sejumlah kegiatan di sana.

Salah satunya adalah menjadi pembicara dalam World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) yang berlangsung pada 10 hingga 12 Juli.

"(Topik yang dibicarakan) lebih banyak pembangunan Jakarta, termasuk juga tentang climate change , biasa dalam diskusi forum-forum seperti itu lebih banyak diulas," ujar Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri (KDH dan KLN) DKI Jakarta Muhammad Mawardi di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Selain itu, Anies juga menghadiri pertemuan bilateral dengan sejumlah kepala daerah peserta forum WCSMF. Hal inilah yang membuat Anies agak lama berada di Medellin.

"Dinamika di sana kan pasti ada bilateral ya, ketemu dengan para pemimpin dari masing-masing kota. Itu bilateral biasanya ada pertemuan pada saat itu," kata Mawardi.

Dari Kolombia, selanjutnya Anies akan bertolak ke Washinton DC, Amerika Serikat. Anies akan menghadiri undangan dari organisasi United States-Indonesia Society (USINDO).

Topik yang akan dibicarakan Anies dalam forum USINDO tidak jauh berbeda dengan topik di Medellin. Bedanya, forum USINDO bukan forum resmi seperti WCSMF.

"Itu semacam diskusi tentang perkembangan pembangunan Jakarta dan kayaknya akan lebih dalam terkait pendidikan karena basic -nya Pak Gubernur lebih kuat di bidang pendidikan, bagaimana memajukan pendidikan," ucap Mawardi.

Menurut Mawardi, Anies juga kemungkinan akan bertemu dengan diaspora Indonesia di Washington DC.

Anies diketahui berangkat ke Kolombia pada Selasa (9/7/2019) malam. Dia menjadi pembicara dalam World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) 2019 yang digelar di Medellin, Kolombia, pada 10-12 Juli 2019.

Dari Kolombia, Anies langsung berangkat ke Washington DC, Amerika Serikat, untuk menghadiri undangan dari organisasi United States-Indonesia Society (USINDO). Dia akan menjadi pembicara dalam forum USINDO.

Anies akan tiba di Jakarta pada 18 Juli mendatang.

Tag: