Saya Rasakan Sendiri Bedanya Pertemanan Di Usia 20 dan 30 Tahun
Womantalk.com

14 weeks ago

Saya Rasakan Sendiri Bedanya Pertemanan Di Usia 20 dan 30 Tahun

Perubahan dalam kehidupan ini pasti akan terjadi seiring waktu. Kehidupan di usia 20 tahunan dan 30 tahunan pun bisa berubah begitu drastis. Ini juga yang saya rasakan ketika saya menginjak usia 30 tahun. Tidak hanya kehidupan percintaan yang berubah, tetapi juga kehidupan persahabatan.

Kalau dulu, di awal usia 20 tahun, saya cukup senang bertemu dengan teman-teman baru, berkenalan dengan banyak orang, bahkan saya memiliki banyak sahabat, mulai dari sahabat masa SMA sampai masa kuliah. Namun, seiring waktu sedikit demi sedikit perubahan persahabatan saya rasakan. Di usia 30 tahun, saya pun mulai kehilangan energi untuk berkenalan dengan lebih banyak orang baru dan membangun persahabatan baru. Saya hanya menambah teman baru di lingkungan kantor, karena setiap hari kami memang selalu bertemu dan bertukar pikiran satu sama lain.

By Studi: Pertemanan di Sosmed Itu Semu

Di usia 30 tahun juga saya sadari bahwa akhirnya hanya sahabat terbaik yang akan tersisa, dan mungkin jumlahnya hanya satu atau dua. Saya sendiri masih memiliki 3 sahabat, yang masih menjadi teman saya dan merasakan kualitas persahabatan tersebut semakin kuat. Saya tidak lagi suka berkumpul dengan banyak orang, seperti masa SMA, yang kalau ke mana-mana bisa satu geng, bertujuh sampai bersepuluh.

Saya bersama sahabat sejak SMA.

Tidak hanya itu, bahan obrolan pun akan berubah. Kalau dulu, di usia 20 tahun, saya dan teman-teman saya masih membicarakan tentang masa depan, mimpi, pekerjaan yang ingin dilakukan, dan banyak hal lainnya. Di usia 30 tahunan, kita pun membicarakan yang lebih serius, mulai dari kehidupan pernikahan, anak, dan hal-hal baru yang ingin dilakukan. Bahkan, kami lebih jarang menghubungi satu sama lain, tetapi selalu menyempatkan diri untuk bertemu sehingga waktu pertemuan kami pun jauh lebih berkualitas dibandingkan pertemanan di usia 20-an

By 4 Tips Menjalin Pertemanan Di Kantor Baru Untuk Introver

Kalau tempat hangout ? Saya yakin, di usia 20 tahunan, kita masih suka pergi ke club, party di rumah teman, dan melakukan hal-hal yang menyenangkan lainnya. Namun, di usia 30 tahunan, saya dan teman-teman saya justru memilih berkumpul di tempat yang lebih tenang, seperti coffee shop atau cafe , atau bahkan ke rumah masing-masing dan potluck sembari membawa keluarga kecil kami.

saya dan teman-teman kantor

Ya, memang menjaga persahabatan itu bukan hal yang mudah. Mungkin, kenalan sana sini bisa terjadi dalam waktu singkat, tetapi membangun persahabatan membutuhkan waktu bertahun-tahun. Jadi, ketika ada sahabat yang masih setia dan tetap berada di samping kita, jagalah.

sumber image: 123RF