Korban Kebakaran Cipinang Direlokasi ke Rusun Jatinegara Kaum
Kompas.com

14 weeks ago

Korban Kebakaran Cipinang Direlokasi ke Rusun Jatinegara Kaum

JAKARTA, KOMPAS. com - Korban kebakaran di Jalan Cipinang Jaya I, Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur dipindah dari posko pengungsian ke Rumah Susun (Rusun) Jatinegara Kaum, Jumat (12/7/2019)

Pantauan Kompas.com pada pukul 12.30 WIB, tiga tenda besar yang menjadi posko pengungsian korban kebakaran di Halaman SDN Cipinang Besar Selatan 03/04 sudah dibongkar. Para korban yang mengungsi sudah merapikan barang-barangnya.

Absir (69), salah satu korban kebakaran mengatakan bahwa dirinya bersama para korban kebakaran lainnya akan pindah ke Rusun Jatinegara Kaum dengan mobil Satpol PP.

"Ada sekitar 20 KK yang dipindah ke rusun. Dipindah naik mobil Satpol PP," kata Absir di lokasi, Jumat (12/7/2019).

Adapun pemindahan posko pengungsian dari Halaman SDN Cipinang Besar Selatan 03/04 ke Rusun Jatinegara Kaum karena anak sekolah sudah mulai masuk sekolah pada Senin (15/7/2019) nanti.

Absir menambahkan, korban kebakaran yang pindah ke rusun sebelumnya sudah mengajukan diri untuk pindah ke rusun.

"Enggak semuanya pindah, karena memang enggak dipaksa. Ada sebagian warga yang milih ngontrak dekat sini karena masih punya duit pegangan," ujar Absir.

Heni, korban kebakaran lainnya mengatakan, dirinya bersama korban kebakaran lainnya akan menempati lantai 5 Rusun Jatinegara Kaum.

"Kita enggak bisa milih kamar karena kayak diundi, gitu . Sebenarnya enggak mau pindah tapi rumah kebakar ya gimana lagi, uang juga enggak ada," ujar Heni.

Untuk biaya sewa kamar rusun, warga mengaku belum mengetahui besaran biaya sewa yang harus dibayar. Namun warga berharap pemerintah memberikan keringanan dengan menggratiskan sementara biaya sewa rusun.

Sebelumnya, Lurah Cipinang Besar Selatan Farida mengatakan, hingga Senin (8/7/2019) sudah 20 KK yang mengajukan untuk pindah hunian ke Rusun Jatinegara Kaum.

Adapun sejak Minggu (7/7/2019) hingga hari ini sebanyak 47 KK atau 147 jiwa korban kebakaran 30 rumah di Cipinang yang terjadi pada Sabtu (6/7/2019) mengungsi di tiga tenda yang didirikan Dinas Sosial DKI Jakarta yang bertempat di halaman SDN Cipinang Besar Selatan 03/04.

Tag: