Kebiasaan Tidur dengan Mulut Diplester Ala Andien Menuai Pro dan Kontra
Womantalk.com

6 days ago

Kebiasaan Tidur dengan Mulut Diplester Ala Andien Menuai Pro dan Kontra

Andien Aisyah kembali menuai kontroversi setelah membagikan teknik pernapasan Buteyko Breathing melalui Instagram Story (IG Story). Andien mempraktikan Buteyko Breathing itu dengan cara tidur dengan mulut tertutup plester yang memicu berbagai reaksi dari warganet, maupun profesional di bidang medis. Diakui Andien bahwa teknik pernapasan hidung itu membantunya tidur lebih nyenyak serta bebas bau mulut di pagi hari. Sebagian warganet pun meniru langkah Andien tersebut dan merasakan manfaat serupa, tetapi tidak sedikit juga yang mengkritiknya.

" Definitely awal pake pasti nggak nyaman, but the result is satisfying yang akan bikin fresh bangun paginya dan yang pasti jadi nggak bau mulut. Okefix ini paling cihuy ," tulis akun Instagram @regina.novalita yang diunggah ulang oleh Andien.

Efek yang sama juga dirasakan oleh Menur Soekarno. Melalui tangkapan layar chat yang dibagikan Andien, Menur telah mencoba teknik yang sama dengan efek serupa.

"Enak banget, kalau bangun tenggorokan enggak kering," tulis Menur.

Tidak hanya mereka, Alice Norin pun ikut mencoba teknik bernapas Andien tersebut. Lewat tangkapan layar yang dibagikan Andien, Alice juga membagikan manfaat tidur dengan mulut diplester dan berencana akan meneruskan cara tersebut.

Sementara itu dokter residen di RS Cipto Mangukusumo, Dewi Boedhiyono, turut menanggapi teknik memplester bibir sebelum tidur. Namun Dewi tidak menyarankan orang-orang untuk mengikuti langkah Andien tersebut. Dewi menuliskan pendapatkan melalui IG stories pada Rabu (20/7/2019) lalu.

Dewi menyebutkan bahwa salah satu penyebab seseorang bernapas melalui mulut ketika tidur adalah penyumbatan di area hidung. Gangguan ini, katanya lagi, jika tidak ditangani akan menyebabkan masalah pernapasan saat tidur yang disebut dengan Obstructive Sleep Apneu (OSA). Buntutnya adalah orang tersebut kesulitan mengalami deep sleep atau tidur yang dalam.

"Jadi baiknya, bila ada gejala seperti mouth breathing (bernapas melalui mulut, mulut terbuka) atau snoring (mengorok) saat tidur, baiknya segera ke dokter THT, ya. Jangan mencoba-coba untuk melakukan tindakan seperti memplester mulut saat tidur sebelum tahu kondisi yang sebenarnya," pungkas Dewi.

By Selain Buteyko Breathing yang Dilakukan Andien, Ini 3 Teknik Pernapasan Hidung Rekomendasi Ahli

Tidur dengan mulut diplester bukalah aksi pertama Andien yang menuai pro dan kontra. Sebelumnya penyanyi jazz tersebut juga sempat menjadi perbincangan karena menerapkan metode Baby Led Weaning kepada Kawa, anak laki-lakinya, yang saat itu masih berusia lima bulan.

}