Ini Komentar Dokter tentang Kebiasaan Tidur dengan Mulut Diplester Seperti Andien
Womantalk.com

6 days ago

Ini Komentar Dokter tentang Kebiasaan Tidur dengan Mulut Diplester Seperti Andien

Pilihan Andien untuk membiasakan tidur dengan mulut tertutup plester micropore memicu reaksi dari berbagai kalangan. Selain mulai diikuti oleh sejumlah orang, menutup mulut dengan plester dengan tujuan melatih Buteyko Breathing ini juga menuai komentar kontra dari profesional di bidang medis.

Ophthalmolog Ferdiriva Hamzah menulis ini dalam cuitannya di Twitter:

“Mau bobo enak mulutnya ditempel micropore. Jangan-jangan masalah kamu itu karena ngorok dan terjadi sleep apnoe jadi pas bangun bukannya segar, malah ngantuk. Kalo mulut diselotip gitu trus tiba-tiba idung kesumbet malam-malam mau napas pake apa?”

By Selain Buteyko Breathing yang Dilakukan Andien, Ini 3 Teknik Pernapasan Hidung Rekomendasi Ahli

Sementara itu Dr Dewi Boedhiyono dari RS Cipto Mangunkusumo mengomentari kebiasaan baru Andien tersebut melalui serangkaian Instagram Story-nya, yang tangkapan layarnya diunggah seorang warganet di twitter.

Dalam Insta Story-nya itu, Dr Dewi menyebutkan bahwa salah satu penyebab seseorang bernapas melalui mulut ketika tidur adalah penyumbatan di area hidung. Gangguan ini, katanya lagi, jika tidak ditangani akan menyebabkan masalah pernapasan saat tidur yang disebut dengan Obstructive Sleep Apneu (OSA). Buntutnya adalah orang tersebut kesulitan mengalami deep sleep atau tidur yang dalam.

Di akhir komentarnya, Dewi menyarankan untuk menemui dokter THT ketika mengalami gejala seperti bernapas lewat mulut atau tidur dengan mulut terbuka. “Jangan mencoba-coba untuk melakukan tindakan seperti memplester mulut saat tidur sebelum tahu kondisi yang sebenarnya, “pungkasnya.

Kebiasaan baru Andien yang dibagikannya di Instagram memicu perdebatan

Sebelum Buteyko Breathing ini, pilihan Andien untuk melakukan metode persalinan lotus birth dan teknik parenting BLW (Baby-led-weaning) juga sempat memicu pro dan kontra soal keamanan metode-metode tersebut.

Nah, bagi Anda yang mengalami gejala-gejala masalah pernapasan saat tidur tersebut, maupun yang penasaran dengan teknik pernapasan melalui hidung Buteyko Breathing ini, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dulu, ya!

}