Apa Dampaknya Bagi Tubuh Jika Kita Berhenti Mengonsumsi Gula?
Womantalk.com

6 days ago

Apa Dampaknya Bagi Tubuh Jika Kita Berhenti Mengonsumsi Gula?

Gula sering dianggap sebagai penyebab dari berbagai masalah kesehatan. Selain itu, meskipun ada banyak teori dan aturan soal diet, semua sepakat bahwa mengurangi gula adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan maupun menjaga kesehatan tubuh. Lalu, sebenarnya apa saja dampaknya bagi tubuh jika kita berhenti mengonsumsinya?

Muncul perasaan 'ngidam'dan gelisah

Berhenti mengonsumsi gula itu bukan tantangan yang mudah; Dokter bedah bariatrik (penurunan berat badan) dari California, Dr. Brian Quebbemann, menyebutkan bahwa tiga hari pertama diet gula ini akan berat untuk dijalani. Apalagi jika terbiasa mengonsumsi makan manis secara rutin, seperti di pagi hari dan makan malam. Ia menyebutkan akan ada rasa ' ngidam' dan gelisah yang muncul karena tubuh tidak mendapatkan asupan gula untuk menstimulasi otak. Namun, ia meyakinkan bahwa sebetulnya ada banyak substansi baik dalam tubuh. Hormon yang meregulasi glukosa dan insulin pun akan turun menjadi lebih stabil.

By Apa Bedanya Lima Jenis Gula Ini?

Merasa lelah, lesu, dan gelisah

Kita mungkin akan merasa lelah dan lesu, tetapi kondisi itu akan terlewati setelah beberapa hari. Adrenalin juga akan meningkat dan membantu memecahkan glikogen atau gula yang tersimpan dalam tubuh, sehingga bisa mudar dikeluarkan melalui aliran darah. Jika Anda menghentikan konsumsi gula sama sekali, dalam 3-5 hari organ hati akan memproduksi keton dari lemak karena tidak ada lagi glukosa sebagai sumber utama energi.

Penurunan tekanan darah dan lemak

Dr. Eric Pham dari St. Joseph’s Hospital, Orange, California, menyebutkan bahwa salah satu dampak mengurangi atau bahkan menghentikan konsumsi gula adalah penurunan tekanan gula darah. Selain itu, mengurangi atau bahkan menghentikan konsumsi gula juga membuat tubuh kita memiliki tingkat lemak dan insulin yang sehat.

Sebagai catatan, reaksi tubuh terhadap gula bisa berbeda-beda pada setiap orang, tergantung pada seberapa banyak konsumsi gula sebelumnya. Selain itu berpengaruh juga apakah kita mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang cukup. Meskipun ampuh menurunkan berat badan dengan cepat, para dokter masih belum menyarankan untuk melakukan diet bebas gula ini dalam jangka panjang. Karena itulah, pastikan untuk mengecek dan mengonsultasikan kondisi tubuh Anda dengan ahlinya dulu, ya, sebelum menjalani satu tren diet!

Cover: 123 RF

}