Basaria Panjaitan Harap Ada Komisioner KPK Petahana Terpilih Lagi
Kumparan.com

1 week ago

Basaria Panjaitan Harap Ada Komisioner KPK Petahana Terpilih Lagi

Panitia seleksi calon pimpinan KPK mengumumkan ada 192 nama yang dinyatakan lolos dalam seleksi awal. Dari 192 nama yang lolos, tiga komisioner petahana KPK dinyatakan berhak untuk maju ke proses seleksi berikutnya.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengharapkan setidaknya ada satu pimpinan petahana yang terpilih kembali. Hal itu diinginkan Basaria agar nantinya dapat terjadi kesinambungan program yang baik antara pimpinan saat ini dengan pimpinan selanjutnya.

"Harapan kita ini bisa terus sehingga untuk berikutnya sudah tinggal jalan, jadi ada kesinambungannya makanya kita coba kalau memang diberi kesempatan," ujar Basaria di kantornya, Kamis (11/7)

Kesinambungan itu, menurut Basaria terkait berjalannya sejumlah program pencegahan yang dibentuk pimpinan KPK saat ini.

"Seperti yang kita katakan kita udah bentuk 9 koordinator wilayah. Harapan kita nanti itu bisa di 34 provinsi, dan nanti dia punya cabang di kabupaten sehingga korsup ini bisa memantau semua kegiatan yang dilakukan oleh kepala daerah di tingkat provinsi dan kementerian," ungkap Basaria.

"Kita berpikir langkah-langkah yang kita lakukan baik ini perlu kita teruskan supaya nanti pimpinan berikutnya dia benar-benar sudah mapan menjalankannya. Kita harapkan kesinambungan ada," lanjut Basaria.

Tak hanya kesinambungan program, Basaria menegaskan sejumlah kasus yang menjadi tanggungan pimpinan saat ini, akan diusahakan rampung sebelum ia dan empat pimpinan lainnya lengser.

"Target kita, kita harapkan beberapa kasus sudah selesai termasuk garuda termasuk sekarang yang sedang diproses semuanya target kita selesaikan," kata Basaria.

}