7 Makanan Ini Sangat Baik Dikonsumsi Selagi Menjalani Kemoterapi
IDN Times

1 week ago

7 Makanan Ini Sangat Baik Dikonsumsi Selagi Menjalani Kemoterapi

Seseorang yang didiagnosis mengidap kanker terlebih pada tahap yang sudah parah biasanya disarankan untuk melakukan kemoterapi. Perawatan ini mengharuskan seseorang dirawat secara intensif dengan bantuan alat serta obat-obatan dalam rangka melawan pertumbuhan sel kanker yang dapat berkembang secara cepat.

Dengan efek samping yang lumayan ekstrem dan menyedot banyak tenaga, pasien kemoterapi sebaiknya diberi asupan gizi yang seimbang. Berikut ini ada tujuh makanan yang sangat baik dikonsumsi selagi menjalani kemoterapi.

1. Bawang putih

Bawang putih tinggi antioksidan yang berfungsi sebagai perangsang sistem kekebalan tubuh yang sempurna. Bawang putih dapat dikonsumsi secara langsung (mentah), direbus, dipanggang atau ditumis bersama masakan. Sistem kekebalan tubuh yang dibentuk dari kandungan bawang putih juga dapat membantu memerangi sel kanker.

2. Wortel

Selama kemoterapi pasien menerima banyak asupan obat yang berguna untuk melawan pertumbuhan sel kanker dan wortel menjadi makanan yang bisa membuat rangkaian proses tersebut bekerja secara maksimal. Wortel kaya vitamin sehingga dapat menyalurkan obat lebih cepat.

3. Gandum utuh

Banyak efek samping yang akan didapatkan saat kita menjalani perawatan kemoterapi, salah satunya adalah sembelit. Untuk menangani masalah ini para penderita kanker disarankan mengonsumsi makanan dari gandum utuh yang dimana dapat membantu sistem pencernaan menjadi lancar.

4. Nasi

Tidak hanya sembelit, diare pun berkemungkinan besar terjadi pada penderita kanker yang sedang menjalani proses kemoterapi. Nasi merupakan sumber karbohidrat paling pas yang membantu tubuh mengikat feses agar tidak terjadi diare yang berkelanjutan.

5. Telur

Meskipun hanya duduk dengan berbagai infus serta alat yang menemani, pasien kemoterapi kehilangan banyak energi selama proses perawatan. Untuk memasok tenaga serta asupan energi telur cocok untuk dikonsumsi. Makanan tinggi protein seperti ini juga dapat menjaga otot agar tetap kuat.

6. Kacang brazil

Makanan yang diperkaya kandungan selenium seperti kacang brazil masuk ke dalam kategori ini. Pasalnya selenium merupakan zat ajaib yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga kanker tidak mudah berkembang dalam tubuh.

7. Permen jahe

Permen jahe memberikan efek rileks dan efek pereda mual. Ini sangat cocok untuk para pasien kemoterapi karena selama proses pengobatan umumnya muncul rasa mual dan pusing. Sebelumnya pastikan permen jahe yang dikonsumsi terbuat dari jahe alami dan bebas gula buatan.

Melakukan tindakan tambahan dengan memberi makanan penunjang kesehatan seperti di atas tadi bisa jadi bukti seberapa kuat keinginan penderita kanker untuk sembuh. Dengan keyakinan dan hati yang ikhlas apapun yang terjadi pasti yang terbaik untuk diri kita. Terus semangat!

}