Lakukan 6 Hal Ini Agar Hari-harimu Gak Hambar Lagi!
IDN Times

1 week ago

Lakukan 6 Hal Ini Agar Hari-harimu Gak Hambar Lagi!

Ada kalanya seseorang merasa tidak memiliki semangat dalam menjalani hari. Bahkan memvonis hidupnya tidak berarti lantaran selalu berjalan sama saja setiap harinya, tanpa perubahan. Sebenarnya masalah ini muncul dari internal setiap pribadi. Bisa jadi karena kurang bersyukur atas segala nikmat yang ada dalam hidup, atau merasa kurang sehingga merasa setiap hari selalu hambar

Terkadang seseorang merasa setiap hari yang ia lalui, mulai dari senin hingga tiba hari minggu berjalan begitu saja tanpa kesan. Sehingga merasa hidupnya tak ada arti alias hambar. Stop untuk menyalahi keadaan ini, dan cobalah berkaca pada dirimu sendiri. Mungkin harimu terasa hambar karena menjalani setiap episode hidup tanpa gairah dan keikhlasan.

Coba lihat mereka yang mendorong gerobak sampah setiap harinya. Meski lelah dan bertabur peluh, mereka tak pernah mengeluh karena bersemangat mencari nafkah demi menopang kehidupan keluarga. Dari orang-orang kecil, kita bisa belajar banyak bahwa hidup itu tentang seni melihat. Jika kita terus melihat ke atas maka tentu merasa diri kecil dan tak punya arti. Tapi sebaliknya, jika selalu melihat ke bawah, kita akan mencoba bersyukur kepada Sang Pencipta atas segala nikmat yang Dia berikan setiap harinya.

Biar makin semangat, yuk coba lakukan 6 hal ini agar harimu gak hambar.

1. Sebelum beraktivitas, jangan lupa doa meminta keberkahan pada-Nya dalam menjalani hari

Doa adalah kebutuhan yang tidak boleh lepas dari setiap ritme kehidupan. Memohon pada sang Khalik agar diberi kemudahan dalam menjalani kehidupan adalah hal yang harus dilakukan setiap insan. Merasa mampu menjalani hari tanpa meminta kepada Sang Pencipta merupakan bentuk kesombongan, sebab sebagai manusia kita hanya makhluk lemah yang tak bisa lepas dari Sang Pencipta. Untuk itu berdoalah sebelum memulai aktivitas harianmu. Mintalah pada-Nya agar diberikan keberkahan dalam setiap langkah kakimu hari ini.

2. Tegur dan sapalah orang-orang yang kamu temui

Membangun suasana hati agar bahagia tidak melulu harus berkonsultasi ke psikolog ternama, atau menonton film favorit. Membiasakan diri untuk senang bertegu sapa kepada orang yang kamu temui adalah kegiatan positif. Hal ini bisa membangun mood menjadi lebih baik setiap harinya. Jangan lupa torehkan senyuman terbaikmu kepada mereka yang kamu sapa. Dengan begitu hidupmu jauh lebih berarti dan tak lagi hambar.

3. Sisihkan uangmu untuk bersedekah

Sedekah adalah tindakan sederhana yang punya banyak manfaat bagi setiap pribadi yang melakukannya. Perbuatan baik ini selain mendapatkan pahala juga membuat hati menjadi tenang. Kenapa? Karena dengan sedekah, kamu berkontribusi untuk meringankan beban hidup orang lain.

Biasakan diri untuk bersedekah setiap harinya, meskipun sedikit namun continue. Kamu bisa menyalurkan uangmu ke kotak amal masjid atau kepada anak-anak jalanan yang kamu temui di jalan. Bisa juga dengan membelikan makanan dan membagikannya kepada orang-orang fakir, ini juga termasuk sedekah yang punya nilai plus di mata Sang Pencipta.

4. Aktif dan tidak bermalas-malasan

Faktor yang membuat hari-harimu terasa hambar bisa jadi disebabkan oleh sedikitnya aktivitas yang kamu lakukan. Jangan habiskan harimu dengan tidur dan bermalas-malasan. Atau seharian menonton televisi atau mendengar musik.

Gunakan waktumu untuk bergerak aktif. Lakukan pekerjaanmu dan bergeraklah. Isi hari-hari dengan bertemu orang-orang baru dan bangunlah relasi. Dengan aktif melakukan kegiatan, kamu menjadi lebih semangat menjalani hari.

5. Buat perencanaan setiap malam hari, tulis kegiatan apa saja yang mau kamu kerjakan besok dan apa goal-nya

Perencanaan itu penting dan perlu ditulis agar tidak lupa keesokan harinya. Biasakanlah diri untuk menulis kegiatan yang ingin kamu lakukan pada malam hari, sehingga besok kamu jadi lebih mudah melakukan kegiatanmu satu-persatu. Jangan lupa untuk menuliskan tujuan dari kegiatan yang akan kamu lakukan.

Dengan begitu kamu bisa memilah mana kegiatan yang bermanfaat untuk dilakukan dan mana yang tidak. Jadi, kamu bisa memanfaatkan harimu dengan maksimal dan lebih bermanfaat.

6. Kerjakan sesuatu dengan ikhlas, tenang, dan tuntas

Ini dia poin penting yang harus jadi kebiasaan setiap pribadi. Biasakan diri untuk mengerjakan suatu pekerjaan dengan ikhlas, tenang, dan tuntas. Artinya pekerjaan yang kamu kerjakan tidak setengah-setengah dan kamu berupaya maksimal untuk menyelesaikannya.

Dengan melakukan hal ini, kamu menjadi pribadi yang menghargai setiap pekerjaan dan akan merampungkannya hingga tuntas. Ingat, mengerjakan sesuatu dengan ikhlas akan berdampak positif terhadap kehidupanmu.

Demikian 6 hal yang bisa kamu lakukan agar hari-harimu gak hambar. Luruskan niat untuk menjalani hari dengan sepenuh hati setiap harinya. Ingat, hidup hanya sekali, jangan sia-siakan waktu untuk kegiatan tidak bermanfaat. Gunakan harimu dengan melakukan kegiatan positif.

}