Begini 7 Cara Berhenti Terpaku pada Kesalahan di Masa Lalu
IDN Times

1 week ago

Begini 7 Cara Berhenti Terpaku pada Kesalahan di Masa Lalu

Setiap orang melakukan kesalahan. Namun tidak semua orang bisa dengan mudah melepaskan atau move on dari kesalahan yang telah mereka perbuat di masa lalu. Terlebih lagi ketika kamu terlalu memikirkan kesalahan hingga berlarut-larut. Kehidupanmu menjadi terganggu. Kamu pun kesulitan fokus pada apa yang kamu miliki sekarang.

Ada beberapa tips penting yang bisa kamu coba untuk berhenti terpaku pada kesalahan di masa lalu. Berikut daftarnya!

1. Kurangi terlalu mengkritik diri sendiri

Mengritik diri sendiri terasa menjadi hal paling lumrah ketika kamu terlalu fokus pada kesalahan di masa lalu. Kamu menjadi terlalu keras pada dirimu sendiri. Apapun yang kamu lakukan selalu salah di matamu sendiri.

Maafkan dirimu saat ini juga. Kesalahan itu telah terjadi dan apa yang bisa kamu lakukan hanyalah bangkit dan belajar darinya. Mengkritik diri sendiri hanya akan menghalangimu melakukan hal itu. Lihatlah sisi positif dari kritik dengan menjadikannya sebagai penyemangat.

2. Sibukkan dirimu

Tidak ada cara lain yang lebih baik dari mengalihkan perhatianmu ketika kamu terkungkung oleh masa lalu. Sibukkan dirimu dengan kegiatan-kegiatan positif. Fokuslah pada apa yang kamu lakukan sekarang.

Jadikan kesalahan sebagai pelajaran untuk menentukan langkah dan bagaimana caranya melangkah. Menyibukkan diri bisa membuatmu lebih bersemangat dan positif dalam menjalani hidup.

3. Tenangkan diri dengan menarik napas dalam-dalam

Bila ingatan akan kesalahan di masa lalu membuatmu sulit berpikir jernih, segeralah berdiri untuk menenangkan diri. Pergi ke tempat yang tenang dan tarik napas dalam-dalam.

Menarik napas dalam-dalam akan menyuplai lebih banyak oksigen ke otak yang membuatmu menjadi lebih tenang. Lakukan sambil mengisi pikiran dengan hal-hal positif yang dapat memicu semangatmu kembali.

4. Rencanakan dan targetkan hari-harimu

Rencanakan hari-harimu supaya kamu tidak punya waktu untuk duduk termenung. Pasang target untuk menggapai cita-citamu, dan mulailah dengan target kecil yang mudah kamu capai. Dengan merencanakan dan menargetkan hari-harimu, kamu akan mendapatkan dorongan positif akan masa depan.

5. Ingatlah bahwa tidak semua orang membicarakan kesalahanmu

Kebanyakan orang lebih suka membicarakan diri mereka sendiri. Kamu tidak perlu takut kalau orang-orang memfokuskan perhatiannya pada kesalahanmu di masa lalu.

Bila memang ada beberapa orang yang demikian, segera hindari atau katakan dengan tegas bahwa kamu telah berubah. Pahamilah bahwa kamu lebih dari kesalahan yang telah kamu perbuat di masa lalu.

6. Ungkapkan emosi dan perasaanmu

Usahakan untuk mengungkapkan emosi dan perasaanmu secara jujur. Jangan menyimpan dan menguburnya terlalu lama. Kamu bisa menceritakannya pada teman terdekat yang kamu percaya, atau menuangkannya ke dalam tulisan jurnal. Dengan begini, kamu bisa merasa lebih lega karena beban perasaanmu telah terangkat.

7. Tingkatkan rasa percaya diri

Tidak ada orang yang luput dari kesalahan. Melakukan kesalahan adalah hal normal. Hal paling penting dari semua ini adalah bagaimana kamu bisa bangkit dan belajar dari kesalahanmu. Sebuah kesalahan tidak mendefinisikan dirimu seutuhnya. Kamu memiliki banyak hal positif dan potensi yang perlu kamu gali dan banggakan.

Teruslah berpikir positif dan fokus pada masa sekarang ataupun masa depan. Ingatlah bahwa siapapun kamu, kesalahan apapun yang telah kamu perbuat, kamu masih bisa bangkit darinya. Kamu pasti bisa!

}