Jangan Biarkan Diri Anda Larut dalam Rasa Sepi, Pelajari Cara Sehat Mengatasi Kesepian Berikut
SehatQ.com

6 days ago

Jangan Biarkan Diri Anda Larut dalam Rasa Sepi, Pelajari Cara Sehat Mengatasi Kesepian Berikut

11 Jul 2019 | Oleh

Ditinjau oleh dr. Reni Utari pada 11 Jul 2019

Dunia ini dipenuhi oleh lautan manusia. Namun adakalanya Anda merasa kesepian dan terisolasi. Anda mungkin merasakan kehampaan yang akut, serta merasa tidak ada yang dapat memahami Anda. Jangan biarkan kondisi ini mendera. Ada beberapa cara sehat untuk mengatasi kesepian, yang Anda rasakan.

Kesepian diasosiasikan dengan berbagai kondisi mental. Misalnya, rasa sepi dapat memicu kondisi depresi . Dalam tahap lebih lanjut, kesepian yang mendera Anda, bisa menimbulkan mati muda pada penderitanya.

[[artikel-terkait]]

Lakukan hal berikut ini, untuk mengatasi kesepian

Kesepian dapat memicu perilaku yang tidak sehat pada penderitanya. Misalnya, orang kesepian akan mudah untuk menjadi pecandu alkohol dan narkoba, yang tentunya bukan cara sehat. Pada beberapa kasus, penderitanya juga mungkin mengalami gangguan penyalahgunaan obat tertentu .

Jika Anda merasa kesepian, ada beberapa cara sehat yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Kurangi penggunaan media sosial

Saat merasa kesepian, hal yang pertama yang mungkin ingin Anda lakukan adalah mengakses media sosial dan aplikasi jejaring sosial. Walau seakan-akan bisa mengalihkan rasa kesepian, penggunaan media sosial ternyata sama sekali tak membantu pemulihan kondisi ini.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal American Journal of Preventive Medicine menemukan, pengguna media sosial lebih rentan untuk merasa terisolasi, dibandingkan orang-orang yang jarang mengaksesnya.

Hubungi teman-teman Anda

Anda mungkin memiliki kelompok pertemanan, dengan orang-orang yang paling bisa memahami Anda. Saat merasakan kesepian, hubungi mereka untuk sekadar bertukar cerita, atau menceritakan perasaan yang Anda hadapi.

Anda juga bisa mengajak mereka untuk bertemu, seperti coffee date di kedai kopi favorit, atau makan siang bersama.

Mengikuti kelas dan kegiatan sosial

Anda tentunya memiliki hobi tertentu, seperti menari, berolahraga, atau bernyanyi. Kesepian dapat muncul karena Anda memiliki waktu kosong, dan tidak memiliki aktivitas lain. Dengan mengikuti kelas-kelas menarik, Anda bisa bertemu dengan orang-orang dengan minat sama.

Anda juga bisa mengikuti komunitas non-profit atau menjadi sukarelawan ( volunteer ), untuk membantu mengalihkan pikiran. Dengan mengikuti komunitas seperti ini, Anda dapat bertemu orang baru, mendapatkan pengalaman menarik, serta menjadi lebih bersyukur.

Mengadopsi hewan peliharaan

Mungkin adakalanya Anda terlalu enggan untuk berinteraksi sosial. Kondisi ini mungkin bisa diatasi dengan memelihara hewan, seperti kucing dan anjing, untuk menemani hari-hari Anda.

Berbagai kajian telah membuktikan manfaat hewan peliharaan untuk mengurangi rasa kesepian. Sebuah artikel ilmiah yang dimuat jurnal Aging Mental Health menyebutkan, memelihara hewan dapat menurunkan kesepian hingga 36%.

Memelihara anjing misalnya, dapat menjaga kesehatan mental, terlebih bagi Anda yang hidup sendiri dan rentan mengalami kesepian. Hewan peliharaan juga membantu Anda dalam pemulihan gejala kecemasan, gangguan stres, hingga kondisi depresi.

Memiliki hewan peliharaan, memungkinkan Anda dapat melakukan aktivitas lain yang juga bermanfaat. Misalnya, membawa anjing Anda jalan-jalan di taman. Jalan-jalan santai juga bisa meningkatkan kesehatan mental, lho!

Mencari bantuan profesional, jika terus merasa kesepian

Kesepian dan kondisi depresi sering muncul bersamaan. Semakin merasa depresi, semakin besar pula rasa kesepian yang Anda alami. Begitu pula sebaliknya.

Jika tips di atas belum mampu mengatasi kesepian yang Anda rasakan, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan ahli kejiwaan.

Ada beberapa jenis tindakan, yang mungkin akan disarankan oleh dokter atau psikiater. Misalnya, Anda tentu sering mendengar istilah terapi kognitif perilaku. Terapi ini diharapkan dapat mengubah cara berpikir Anda, dan memulihkan rasa kesepian.

Penting untuk diingat, kesepian bukan berarti sendirian di muka bumi ini. Lakukan cara-cara di atas, untuk membantu Anda lebih merasa bersemangat dan menghilangkan kesepian.

}