Toyota, BMW, dan DFSK bawa mobil listrik ke GIIAS 2019
Beritagar.id

14 weeks ago

Toyota, BMW, dan DFSK bawa mobil listrik ke GIIAS 2019

Sepekan lagi salah satu pameran otomotif terbesar di Tanah Air, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, akan dibuka di ICE BSD Tangerang, Banten. Sesuai dengan temanya "Future in Motion", berbagai pabrikan telah menyiapkan kendaraan masa depan mereka.

Tentu saja, sesuai dengan tema pameran yang berlangsung 18-28 Juli tersebut, kendaraan bermesin listrik (electric vehicle/EV) bakal menjadi salah satu bintang dalam pameran tahunan itu.

Belakangan ini soal kendaraan listrik ramai diperbincangkan di Indonesia. Meski hingga saat ini Peraturan Presiden (perpres) yang diharapkan bakal menjadi payung hukum kendaraan listrik belum juga muncul, pemerintah terus mengampanyekan kendaraan yang bisa menjadi solusi pengurangan polusi tersebut.

Kabar terbaru, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, dikutip Katadata (10/7), menyatakan pemerintah akan memberi kelonggaran terhadap impor mobil listrik dalam periode waktu tertentu.

Lalu enam pabrik mobil asal Jepang yang beroperasi di Indonesia telah menyiapkan investasi gabungan sebesar Rp28,3 triliun untuk mengembangkan mobil listrik di Indonesia. Dua produsen mobil listrik Tiongkok, BYD dan JAC, berniat memindahkan pabrik mereka ke sini. Perusahaan taksi Bluebird pun mulai menggunakan EV dalam armadanya.

Menyambut elektrifikasi transportasi Indonesia, inilah tiga produsen kendaraan yang telah memastikan bakal memajang mobil listrik produksi mereka di GIIAS 2019.

3 Mobil listrik Toyota

Toyota F-CR, satu dari tiga mobil listrik yang akan dipamerkan Toyota-Astra Motor pada GIIAS 2019.

Tak tanggung-tanggung, Toyota-Astra Motor (TAM), distributor mobil Toyota di Indonesia, akan memajang tiga mobil listrik mereka, yang dibawa langsung dari Jepang, di ICE BDS nanti.

"Melalui berbagai special exhibit yang di tampilkan kami berharap masyarakat akan semakin mengenal teknologi elektrifikasi dan manfaatnya," kata Vice President Director TAM, Henry Tanoto, dalam siaran pers yang diterima Beritagar.id .

Pertama adalah mobil balap Toyota TS050 Hybrid, yang menjadi juara FIA World Endurance Championship (WEC) 2019. Mobil ini dipajang untuk menunjukkan penggunaan teknologi hybrid yang berbeda dari biasanya yaitu bertenaga dan kompetitif .

Lalu mobil hybrid Toyota yang sudah ternama, Prius. Varian yang bakal ditampilkan adalah Prius PHEV GR Sport. Mobil ini dimodifikasi khusus oleh divisi balap Toyota, Gazoo Racing, dan telah dipasarkan di Jepang.

Terakhir, akan ada kendaraan konsep yang menggunakan teknologi Fuel Cell (FCEV) berbahan bakar hidrogen yaitu Fine Comfort Ride (F-CR). Ini adalah mobil swakemudi yang mampu melahap jarak 700 km dalam sekali pengisian bahan bakar antara 3-5 menit.

BMW jual i3

Mobil listrik BMW i3 tengah dicas di stasion pengisian tenaga listrik di Berlin, Jerman (20/1/2017).

GIIAS 2019 dijadikan jenama kendaraan premium Eropa, BMW, sebagai ajang peluncuran resmi dan awal penjualan mobil listrik andalan mereka, i3. Versi konsep mobil ini pernah dipamerkan pada GIIAS 2017.

Hatchback listrik ini menggunakan motor listrik bertenaga 170 daya kuda dengan torsi maksimal 250 Nm. Motor listrik digabungkan dengan transmisi otomatis single speed dengan fixed ratio .

BMW memutuskan menjual i3 di Indonesia menyusul kesuksesan penjualan varian mobil listrik teratas mereka, i8 Roadster. Kuota i8 Roadster untuk Indonesia adalah 8 unit dan seluruhnya terjual pada tahun lalu.

Harga i8 Roadster, yang mulai dijual sejak GIIAS 2018, mencapai Rp3,45 miliar off the road , alias belum termasuk pajak. Berapa harga i3?

“(Harganya) enggak lebih mahal dari i8,” kata Bayu Riyanto, Vice President of Sales BMW Indonesia, dikutip Mobil123 .

SUV listrik dari Tiongkok

DFSK SUV Glory E3 saat dipamerkan di Shanghai, Tiongkok (16/4/2019).

Tak mau ketinggalan dari dua jenama besar Jepang dan Eropa di atas, pabrikan Tiongkok, DFSK (PT Sokonindo Automobile), juga bakal memamerkan mobil listrik buatan mereka. Namanya masih dirahasiakan, tetapi Digital Manager & Marketing DFSK, Arviane D.B. , memberi sedikit bocoran bahwa jenis mobil tersebut adalah SUV (sport utility vehicle).

Kemungkinan besar SUV listrik tersebut adalah Glory E3. Mobil itu telah diperkenalkan dalam acara Shanghai International Automobile Industry Exhibition yang berlangsung pada April lalu.

Dipaparkan dalam situs resmi DFSK , Glory E3 menggunakan baterai yang bisa membawa mobil hingga 400 km. Fitur fast charging yang dipasang membuat baterai bisa diisi hingga penuh dalam waktu 30 menit.

Kecerdasan buatan berbasis Lin OS 4.0 menjadi otak dari mobil yang rencananya mulai dijual di Tiongkok pada kuartal III tahun ini.

Kemungkinan lain adalah Seres SF5, mobil listrik varian SUV mini. Seres adalah perusahaan rintisan yang kini sahamnya dikuasai oleh Sokon Group, perusahaan yang memayungi DFSK.

Mesin listrik SF5 diklaim bertenaga maksimal 684 hp, yang bisa melesakan mobil itu dari diam ke 100 km/jam dalam waktu 3,5 detik. Kecepatan maksimalnya 250 km/jam.

Mobil ini juga rencananya akan mulai dijual pada kuartal III 2019.

]]>