Persija dan Persib tetap di papan tengah bawah
Beritagar.id

1 week ago

Persija dan Persib tetap di papan tengah bawah

Kegagalan memanfaatkan sejumlah peluang membuat laga Persija Jakarta dan Persib Bandung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu(10/7/2019), berakhir 1-1. Alhasil kedua tim harus rela tetap di papan bawah Liga 1 Indonesia.

Hasil ini merugikan Persija karena mereka memiliki peluang lebih banyak. Melalui penyerang Bruno Matos saja, Persija punya tiga peluang pada babak pertama tapi semuanya gagal menjadi gol.

Secara keseluruhan, Persija melepas lima tembakan on target dan hanya satu yang melenceng. Satu-satunya gol "Macan Kemayoran" dicetak penyerang Marco Simic pada menit ke-75,

Memanfaatkan bola penjuru dari Riko Simanjuntak, Simic berhasil menyundul. Bola sempat membentur mistar atas gawang Persib dan jatuh di belakang garis sebelum memantul keluar.

Persib baru keluar menyerang setelah kebobolan. Apalagi Persija harus kehilangan Novri Setiawan yang menerima kartu merah usai berduel dengan Ezechiel N'Douassel pada menit ke-78.

Namun, tak banyak peluang yang bisa menjanjikan gol karena total hanya ada dua tembakan melenceng dari Persib. Beruntung, ada pemain pengganti Artur Gevorkyan yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Persija untuk menjadi gol balasan pada menit ke-91.

Persib harus membayar mahal keberhasilannya merebut satu poin. Kiper M. Natshir harus dilarikan ke rumah sakit karena cedera usai bertabrakan dengan Bruno Matos pada menit ke-33 dan digantikan oleh I Made Wirawan.

Persib yang sudah memainkan tujuh laga masih berada di posisi 12 dengan nilai tujuh. Sedangkan Persija yang sama-sama baru mengemas satu kemenangan ada di posisi 13 dengan nilai enam.

Pelatih Persija Julio Banuelos menegaskan timnya tidak tenang ketika mendapat peluang sehingga tak banyak gol yang bisa dicetak. "Kami berharap bisa menyelesaikan banyak peluang, tapi itulah sepak bola yang terjadi kadang tidak sesuai keinginan," kata pelatih asal Spanyol ini usai pertandingan.

Sementara pelatih Persib Robert Rene Alberts menyambut positif hasil imbang timnya di Jakarta. Namun pelatih asal Belanda ini tak banyak bicara dalam jumpa pers menyusul perjalanan enam laga beruntun tanpa kemenangan.

Pelatih yang pernah membawa Arema FC juara Liga Indonesia ini menyebut Persib sedang dalam transisi sejak dirinya bergabung dari PSM Makassar. "Saya baru sebentar di tim dan sekarang kami sedang bekerja memperbaikinya," ujarnya menambahkan.

Alberts lebih lanjut menegaskan timnya juga tak cukup tenang menyelesaikan peluang yang terjadi pada laga-laga terdahulu. Satu-satunya penampilan buruk Persib, menurutnya, adalah ketika kalah 0-4 dari tuan rumah Persebaya Surabaya pekan lalu.

Di pertandingan lain, Persipura Jayapura juga belum beranjak dari papan bawah. Bermain di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, tim "Mutiara Hitam" dipaksa bermain 1-1 oleh Badak Lampung.

Bahkan Persipura lebih dulu tertinggal oleh gol Fernando Torres pada pengujung babak pertama, sebelum Gunansar Mandowen membalasnya pada menit ke-59. Alhasil Persipura berada di urutan 17 dengan nilai tiga atau unggul satu angka dari Persela Lamongan yang menjadi juru kunci di posisi 18.

Sementara Borneo FC naik lima posisi ke urutan tujuh setelah menang 2-0 atas tim tamu PSIS Semarang yang tetap di posisi enam dengan perbedaan nilai satu. Borneo unggul berkat gol Abrizal Umanailo pada menit ke-14 dan gol bunuh diri Matias Conti menjelang turun minum.

]]>

}