Tim Investigasi Tragedi Mina Sudah Dibentuk Saudi
Viva.co.id

3 years ago

Tim Investigasi Tragedi Mina Sudah Dibentuk Saudi

VIVA.co.id - Setelah pekan lalu terjadi peristiwa jatuhnya crane di Tanah Suci, kali ini kabar duka kembali datang dari Arab Saudi. Sebanyak 717 jemaah haji tewas dalam tragedi kericuhan lempar jumrah Mina.

Dirjen Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, otoritas keamanan Arab Saudi terus melakukan evakuasi korban.

Dalam keterangan tertulisnya, Iqbal menjelaskan terkait peristiwa jatuhnya korban jamaah haji dalam perjalanan menuju lokasi jumrah pada hari Kamis, 24 September 2015, akibat dari berdesak-desakan dan saling dorong, otoritas keamanan Arab Saudi terus melakukan evakuasi.

"Info tersebut didapat dari Wakil Duta Besar Indonesia di Arab Saudi, Sunarko, wakil Dubes terus memonitor perkembangan situasi," ujar Iqbal, Jumat, 25 September 2015.

Iqbal mengatakan, proses identifikasi nama dan kewarganegaraan korban, baik yang wafat maupun yang luka-luka saat ini terus berlangsung dan akan disampaikan secara resmi.

Menteri Dalam Negeri Arab Saudi, Pangeran Muhammad bin Naif juga telah membentuk tim investigasi guna menyelidiki penyebab peristiwa ini, dan akan melaporkannya kepada Raja Salman.

"KBRI sendiri terus bekoordinasi dengan Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) dan otoritas terkait Arab Saudi guna memastikan jemaah Indonesia yang menjadi korban," katanya.