Microsoft Hentikan Layanan Musik Zune
Jagatreview.com

4 years ago

Microsoft Hentikan Layanan Musik Zune

Raksasa Microsoft mengumumkan akan menghentikan layanan musik Zune miliknya. Microsoft menyatakan bahwa secara resmi Zune Music Service akan dihentikan pada tanggal 15 November 2015 nanti. Setelah tanggal ini pengguna tidak bisa lagi melakukan streaming atau mendownload konten dari Zune Music Service meskipun piranti Zune masih tetap bisa berfungsi dan bisa digunakan sebagai pemutar musik biasa.

Bagi pemilik piranti Zune memang tak perlu kuatir karena piranti Zune Player tetap bisa digunakan meskipun kini hanya sebatas sebagai pemutar musik biasa. File MP3 yang sudah ada di dalamnya pun akan tetap bisa diputar. Microsoft menjelaskan bahwa semua konten MP3 milik user yang berada di piranti Zune akan tetap ada sedangkan konten baru akan ditransfer ke pemutar Zune setelah layanan ini ditutup. Sedangkan untuk konten yang dibeli dengan DRM tidak akan bisa diputar lagi jika lisensi tidak diperbaharui. Dan subskripsi Zune Music Pass yang sudah ada saat ini akan dikonversi ke subskripsi Groove Music Pass. Layanan Groove sendiri akan bisa berjalan dengan Xbox One, Windows 10, platform Android dan iOS. Namun tidak dijelaskan apakah piranti lama akan bisa kompatibel dengan akun tersebut. Groove akan memungkinkan user untuk menyimpan file musik ke dalam OneDrive dan bisa didengarkan dari sana melalui piranti pemutar yang kompatibel.

Dan bagi user yang masih memiliki paket bulanan atau tiga bulanan dari Zune, Microsoft menjelaskan bahwa paket tersebut akan diubah ke paket bulanan Groove yang bernilai $9.99. Sedangkan subskripsi tahunan akan dikonversi ke Groove Music Pass tahunan senilai $99.9 per tahun.

ADVERTISEMENT

Mandatory Credit: Photo by David Howells/REX Shutterstock (323573c)

The Zune portable music and video player

Microsoft tackle Apple's iPod with the launch of 'Zune', America ?" 14 Nov 2006

Microsoft sendiri meluncurkan Zune pada tahun 2006 untuk menyaingi iPod milik Apple yang waktu itu sangat populer. Karena tidak memenuhi harapan, tahun 2012 Microsoft menghentikan produksi Zune player serta memindah kontennya ke Xbox Music. Meskipun begitu layanan musik Zune masih berjalan di belakangnya. Setahun kemudian, tahun 2013, Microsoft menarik dukungan Xbox Video untuk piranti Zune. Dan pada 15 November 2015 nanti, semua dukungan untuk Zune resmi dihentikan terutama layanan musik Zune yang saat ini masih berjalan.