Apple Event, respon media sosial dan hal menarik lainnya
Lokadata.id

4 years ago

Apple Event, respon media sosial dan hal menarik lainnya

CEO Apple Tim Cook memperkenalkan iPad Pro di ajang Apple Event.

Sesuai tradisi, Apple Event merupakan ajang Apple untuk memperkenalkan produk, desain, dan pelbagai pembaruan lainnya. Ajang ini pertama kali digelar pada tahun 2007, saat Apple meluncurkan iPhone orisinal.

Rabu (9/9/2015) raksasa teknologi asal San Francisco itu kembali menggelar Apple Event. Diperkirakan sekitar 7.000 undangan hadir dalam acara yang berlangsung di Bill Graham Civic Auditorium, San Francisco, Amerika Serikat.

Media terkemuka ramai membuat laporan langsung dari lokasi acara.

Keriuhan juga terjadi di linimasa Twitter. Sejumlah kata kunci seputar Apple Event terlihat menjadi topik tren dunia.

Trends 24 mencatat tagar #AppleEvent naik-turun di daftar topik tren dunia selama lebih dari 12 jam. Bahkan dalam beberapa jam, #AppleEvent sempat memuncaki daftar itu, Rabu malam (9/9).

Kata kunci lain yang turut mencuat adalah "iPhone 6s" dan "iOS 9"

#AppleEvent memuncaki topik tren dunia, Rabu malam (9/9).

Ulasan seputar produk terbaru dari ajang Apple Event, bisa Anda simak di situs vertikal kami, Gawai.

Terlepas dari soal spesifikasi dan hal teknis lainnya, ada beberapa catatan menarik dari ajang Apple Event. Berikut di antaranya:

iPhone 6 rose gold. Jelang Apple Event, sempat beredar rumor bahwa Apple akan meluncurkan iPhone berwarna merah muda (pink). Kenyataannya, mereka merilis iPhone berwarna rose gold.

The Verge menyebut rumor itu mencerminkan sebuah kebingungan, sebab warna rose gold bisa terlihat menjadi merah muda di bawah cahaya yang tepat.

Kehadiran Microsoft. Relasi Apple dan Microsoft lebih sering diidentikkan dengan persaingan sengit. Namun kali ini Wakil Presiden Microsoft, Kirk Koenigsbauer justru hadir di ajang Apple Event. Ia bahkan turut tampil memberikan presentasi seputar kinerja Microsoft Office di iPad Pro.

ADVERTISEMENT

Apple Stylus. Ini pertama kalinya Apple menghadirkan produk stylus (pensil). Produk ini akan menjadi pelengkap bagi iPad Pro, dengan harga USD99 (sekitar Rp140 ribu). Perkenalan Apple Stylus ini mengundang tawa para pengunjung. Pasalnya, pada tahun 2007, bos legendaris Apple Steve Jobs pernah berkelakar, "Yeah, Siapa yang perlu stylus."

Manipulasi senyum perempuan. Direktur Desain Adobe, Eric Snowden menjadi salah satu presenter di Apple Event. Ia menunjukkan kemampuan Adobe Photoshop di iPad Pro. Dalam presentasinya, Snowden melakukan olah digital sederhana untuk memperbaiki senyum datar dalam foto seorang model perempuan.

Mashable melaporkan, presentasi Snowden menuai respon negatif di media sosial. Pasalnya, presentasi itu disetarakan dengan laku "meminta senyum perempuan", yang kerap dinilai sebagai bentuk pelecehan.

Tanpa mengurangi rasa hormat --sekadar memperjelas-- kami tawarkan ilustrasi: seorang perempuan sedang berjalan seorang diri, dan gerombolan lelaki menggoda, "Senyum donk manis."

Berikut sejumlah respon menarik di media sosial seputar ajang Apple Event.

via GIPHY

When someone asks whether you care that you can't afford the new iPhone 6s https://t.co/egLISTV3LX #AppleEvent

?" Guardian Tech (@guardiantech) September 9, 2015

Calculating your monthly budget so that you can buy the new iphone #AppleEvent pic.twitter.com/MFtH1wm7pT

?" Micro-ambitious (@pal36) September 9, 2015

RIP Steve Jobs. (h/t @fmanjoo) pic.twitter.com/EAcFtnHNix

?" Chris Geidner (@chrisgeidner) September 9, 2015

Wow before apple vs after apple wow technology pic.twitter.com/kiUP9icXqP

?" ? ? ?--?_?--? ?? ?"? (@chillmage) September 9, 2015

After all the stick Apple get about women & they choose to PHOTOSHOP A WOMAN'S FACE. I cannot. #AppleEvent

?" Guardian Tech (@guardiantech) September 9, 2015