Pertanyaan dan jawaban seputar logo baru Google
Lokadata.id

4 years ago

Pertanyaan dan jawaban seputar logo baru Google

Logo baru google

Raksasa internet Google rupanya baru saja mengubah tampilan logonya menjadi gaya baru dengan jenis font berbeda meski tetap menggunakan pola warna yang sama. "Google telah banyak melakukan perubahan selama 17 tahun terakhir, baik dalam hal jenis produk maupun evolusi penampilan dan 'rasa' dari produk yang bersangkutan. Hari ini, kami berubah lagi," tulis Google dalam blog resminya.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering diperbicangkan orang terkait perubahan logo itu.

Siapa yang merancang logo Google yang baru?

Logo Google yang diluncurkan pada 1 September 2015 dirancang oleh oleh para desainer yang bekerja di Google, New York. Dalam blog yang menyertai peluncuran logo itu tertulis:

Awal tahun ini para desainer dari perusahaan, termasuk Creative Lab dan tim Material Design berkumpul di New York selama sepekan untuk menentukan desain baru.

Bonus Informasi:

Logo pertama Google dibuat oleh Sergey Brin menggunakan GIMP.

Kemudian, logo Google dirancang oleh Ruth Kedar, seorang konsultan seni sekaligus professor di Stanford Art Department.

Logo-logo Google Doodle awalnya dirancang oleh Dennis Hwang. Dia merancang 50 logo Google Doocle setiap tahun.

Mengapa Google mengubah logonya?

ADVERTISEMENT

Jeremy Hoffman, Software Engineer Google dalam situs Quora.com menjawabnya dengan satu kalimat singkat: Agar logo baru ini bisa tampil dengan mulus di beragam piranti.

Sementara itu dalam blog yang mengabarkan perubahan logo itu tertulis:

"...Google dulu adalah sebuah webiste yang diakses dari satu jenis piranti: PC desktop. Sekarang, orang berinteraksi dengan produk-produk Google dalam beragam platform, apps dan piranti, semuanya bahkan bisa dilakukan pada hari yang sama. Anda berharap Google bisa membantu kapanpun dan dimanapun Anda membutuhkannya, apakah itu di telepon seluler, TV, arloji, di dashboard mobil dan tentu saja komputer desktop.

... kami memperkenalkan sebuah logo dan identitas baru yang merefleksikan kenyataan dan menunjukkan kapan sihir Google bisa bekerja untuk Anda, bahkan dalam layar yang kecil."

Apa nama font yang digunakan oleh Google dalam logo barunya?

Stephen Coles, pendiri Fonts In Use & Typographica.org sekaligus pengarang buku "The Anatomy of Type" dalam situs Quora.com mengatakan bahwa font yang digunakan Google untuk logo barunya adalah Product Sans (pdf).

Bagaimana Google bisa menciptakan logo baru yang hanya 305 byte, padahal logo lama besarnya 14.000 bytes?

Ilya YakubovichIlya Yakubovich, seorang designer antarmuka dalam situs Quora menjawab logo lama Google menggunakan font serif yang rumit yang hanya bisa diciptakan menggunakan lengkungan-lengkungan. Jika dijumah, ada 100 titik acuan (anchor point), meyebabkan besarnya file 6 KB (6.380 bytes). Saat dikompres, file ini ukurannya 2 KB (2.145 bytes)

Logo baru yang lebih sederhana bisa dibentuk menggunakan lingkaran dan segiempat, kecuali pada huruf "g" kecil. Dengan cara ini Google bisa menciptakan sebuah logo dengan format SVG sebesar 302 bytes (normal) atau 195 bytes terkompresi.

Logo lama dan logo baru